Selasa, 22 April 2008

Mengapa Tuhan harus turun ke dunia menjadi manusia??

Hm.. satu pertanyaan yang mungkin masi membuat kita bingung.
Kenapa sih Tuhan harus turun menjadi manusia? bukankah lebih mudah jika Tuhan langsung menampakkan diri kepada manusia daripada menjadi manusia terlebih dahulu karena orang tidak mempercayainya. Tapi sekarang gua sudah mulai mengerti alasannya dari cerita yang pernah gua denger. Suatu hari ada segerombolan burung yang terbang ke selatan karena di tempat mereka berada sedang mengalami musim dingin. Kawanan burung itu terbang bersama dengan kompaknya dan saling menjaga. Namun suatu ketika salah satu dari burung tersebut jatuh karena kelelahan sehingga sayapna patah. kawanan burung tersebut berusaha menolong burung itu namun karena burung itu tidak bisa terbang maka mereka pun meninggalkan burung itu. Burung itupun jatuh di depan rumah seorang yang tidak percaya akan Tuhan. Saat itu cuacanya sangat dingin dan bersalju. Beberapa saat kemudian si pemilik rumah pun pulang dari tempat ia bekerja. Ia melihat burung yang terjatuh itu kemudian mengacuhkannya dan masuk ke dalam rumahnya.

Di dalam rumah, si pemilik pun menyalakan tungku perapian dan mulai menghangatkan dirinya. Setelah beberapa saat, sang pemilik tiba-tiba teringat dengan si burung yang terjatuh di depan rumahnya. Timbullah pikiran si pemilik rumah untuk menolong burung tersebut dan membawanya masuk ke dalam rumah. Lalu si pemilik itu pun mulai keluar dari rumahnya dan menolong burung yang terjatuh itu. Ada suatu hal yang menarik ketika si pemilik ingin menolong burung tersebut. Ketika ia mulai mendekati burung tersebut, burung tersebut mulai menjauhkan dirinya.. Si pemilik pun mulai semakin penasaran dan ingin segera membawa burung tersebut masuk ke dalam rumahnya dan merawatnya. Namun ketika ia memegang burung tersebut, burung tersebut semakin gelisah dan terus bergerak-gerak sehingga lukanya semakin parah. Lalu si pemilik rumah pun melepaskan burung tersebut. Dalam pemikiran si pemilik rumah, Ia berpikir "Mengapa ya burung ini tidak mau menerima pertolongan saya.. padahal niat saya kan baik saya ingin menolongnya.". "Alangkah baiknya ada seorang burung lain yang bisa menerjemahkan niat saya ini..". Setelah itu si pemilik rumah pun sadar dan ia mengetahui mengapa Tuhan harus turun ke dunia ini.

Seperti itulah ceritanya. cerita ini menceritakan bahwa Tuhan muncul di hadapan manusia dengan mengambil wujud manusia karena ia ingin manusia memahami maksud kehendak-Nya. terkadang apabila Tuhan tiba-tiba menunjukkan wujudna di hadapan manusia, yang ada manusia itu ketakutan dan berusaha melindungi dirinya padahal hal itulah yang semakin membuatnya jauh dari Tuhan. Tuhan sadar akan hal ini sehingga dia mengutus anak-Nya yang tunggal untuk hidup di dunia dan menebus dosa-dosa manusia agar Ia dan manusia dapat kembali lagi bersatu.. Karena begitu besar Kasih-Nya kepada kita, Ia rela mengorbankan Putra-Nya yang tunggal demi kita semua dari maut.
Oleh sebab itu marilah kita sadar dan bertobat atas setiap perbuatan kita yang menjauhkan kita dari Tuhan. Amin.

-el-

Tidak ada komentar:

My result test

Click to view my Personality Profile page

Cross

Cross
This picture is taken from vatican.